Upcoming Events & Activities
Ibadah Rutin PSR
 
 
Renungan & Kesaksian
 
Apa itu gereja?
 
_oOo_
 
Kristus mati untuk manusia, bukan untuk bangunan, bukan untuk organisasi. Kata “gereja” dalam Perjanjian Baru selalu saja menunjuk kepada “yang terdiri dari orang-orang.” Tapi aneh, kini, kesadaran orang-orang hanya menganggapnya sebagai bangunan, misalnya katedral besar nan agung, ataupun berupa gedung pertemuan kecil tanpa hiasan.
...sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya, untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman,” tulis Paulus, Ef. 5:25-26.
Kata “church” berasal dari kata Yunani yang artinya “milik Tuhan.” Ini bukan terjemahan langsung, tapi pemaknaan dari kata Yunani yang sering digunakan dalam Perjanjian Baru. Kata itu adalah ekklesia (Latin: ecclesia). Arti asli Yunani-nya adalah “yang dipanggil keluar.”
Ada 115 kata “ekklesia” di Perjanjian Baru. Pada kota-kota kuno Yunani, “ekklesia” adalah sebutan bagi Majelis Warga yang “dipanggil keluar” dari keseluruhan populasi dan berkumpul bersama untuk bertransaksi tentang aturan-aturan negara. Jadi, itu suatu majelis yang sifatnya ilegal (tidak resmi). Kata ini digunakan dalam makna demikian pada Kisah. 19:32, 39, 41. Dalam Septuaginta, kitab Perjanjian Lama bahasa Yunani, kata itu diterapkan kepada Jemaat Israel yang dipanggil keluar dari tanah Mesir dan dibawa bersama sebagai umat Tuhan. Ref. Kis 7:38. Jadi, menunjuk kepada Jemaat Israel.
Kita seharusnya melihat bahwa gereja bukan sebagai penemuan manusia atau institusi duniawi, tetapi sebagai ciptaan Yesus Kristus sendiri, yang mengumumkan, “Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya,” Matius 16:18.
Sebagai orang Kristen, ketika Anda sadar bahwa gereja adalah sebuah institusi yang langsung diciptakan oleh Tuhan kita, Yesus Kristus, sebagaimana “keluarga” yang juga sebuah institusi yang langsung diciptakan oleh Bapa, sejauhmanakah Anda telah ikut serta menciptakan dan merasakan semangat kekeluargaan di dalam pergerakan gereja Anda? Atau, apakah “berita keselamatan” yang diberitakan gereja Anda telah Anda hidupkan di dalam aktifitas keluarga Anda?
Terpujilah Kristus. Amin.
[ Gogona, 08 Mei 2019 ]
 
Pokok Doa
 
  1. Berdoa untuk teman-teman kita yang sakit dan yang sementara menjalani pemulihan dari sakit.
  2. Secara khusus, berdoa untuk orang tua kita yang sakit dan yang sementara menjalani perawatan medis. Juga, berdoa untuk para orang tua kita agar mereka dikarunia Tuhan dengan kesehatan yang baik, sukacita, dan semangat beribadah.
  3. Berdoa untuk situasi pasca Pilpres 2019 agar terasa sejuk, berlangsung aman sampai dengan pengumuman hasil perhitungan akhir pilpres 22 Mei dan umat Tuhan tetap dalam perlindungan Tuhan.
  4. Berdoa untuk tempat ibadah di MTH Square, kiranya Tuhan meneguhkan hati manajemen agar welcome terhadap kita.
  5. Berdoa untuk program-program PSR terutama berdoa untuk ibadah rutin PSR dan ibadah anak, agar para pelayan tetap semangat dan ibadah berjalan lancar.
  6. Berdoa untuk persiapan Calvin For Bali (CFB) 2020.
 

AYAT HAFALAN
 
 
1 Korintus 3:6-7
 
“Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan. Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, melainkan Allah yang memberi pertumbuhan”.
 
cf_01 cf_02 cf_03 cf_05 cf_06 cf_04

Connect With Us

Persekutuan Studi Reformed :
Eva Paula Marpaung
Komplek Buaran Baru
Jl. Kobra V/H19 RT/RW 07/015
Buaran Duren Sawit, Jakarta Timur, 13440.
Telp: 021-86611470
Hub: Deby - 08158020418
 
Ibadah rutin PSR, dewasa & anak.
setiap Sabtu, pukul 16.00 - selesai
Tempat: MTH Square Lt 3C, Ruang Melody,
Jl. MT Haryono No. 1 Jakarta Timur