Renungan Harian, Selasa 22 Maret 2022
 
Selamat Pagi,
Renungan bacaan kita pada hari ini adalah sebagai berikut:
 
“Berlarilah ke sana kemari melalui jalan-jalan Yerusalem. Sekarang, lihatlah dan perhatikanlah! Carilah di tanah-tanah lapangnya kalau-kalau kamu dapat menemukan seseorang, kalau-kalau ada orang yang melakukan keadilan dan mencari kebenaran, maka Aku akan mengampuni Yerusalem.” (Yeremia 5:1)
 
Tuhan memerintahkan Yeremia untuk mencari satu orang benar di seluruh Yerusalem, supaya Allah akan mengampuni Yerusalem dan penghakiman-Nya dibatalkan. Akan tetapi harapan Yeremia agar bangsanya tidak dihukum dikandaskan dengan tidak ditemukan satu orangpun yang melakukan kebenaran, bahkan pada orang-orang hebat/orang-orang terpelajar sekalipun. “...Tetapi mereka pun telah mematahkan kuk, telah memutuskan tali-tali pengikat.” (Yeremia 5:5)
 
Nas ini mengingatkan kita juga akan dialog Abraham dengan Tuhan menjelang kehancuran Sodom dan Gomora (Kej. 18:16-33). Abraham menawarkan jumlah orang benar mulai dari lima puluh sampai sepuluh orang dan Tuhan berkata, “Aku tidak akan memusnahkannya karena yang sepuluh itu.” (Kej. 18:32). Kondisi yang memprihatinkan jika dibandingkan “sepuluh orang benar” di Sodom dan Gemora dengan “satu orang benar” di Yerusalem, karena kejahatan dan dosa Yerusalem seakan-akan lebih besar dari Sodom dan Gemora. Namun pada akhirnya Sodom dan Gemora begitu juga Yerusalem pun tidak luput dari penghakiman Tuhan.
 
Yesus berkata, “…Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?” (Lukas 18:8). Teruslah setia bertekun di dalam iman, percaya dan doa kita kepada Allah di dalam Kristus Tuhan, bukan sibuk mengasihi dunia ini seperti istri Lot.
 
Selamat beraktifitas dan salam sejaro (sehat jasmani dan rohani).
 
Tuhan memberkati.
[ Mulatua Silalahi]
Persekutuan Studi Reformed
 
Pin It
 
 

 
Copyright © Persekutuan Studi Reformed
 
 
Persekutuan Studi Reformed
Contact Person: Sdri. Deby – 08158020418
 
About Us  |   Visi  |   Misi  |   Kegiatan