PRAKATA
_oOo_
 
Pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk karakter individu dengan memiliki nilai-nilai kebenaran di dalamnya. Dengan mutu pendidikan yang baik maka akan dihasilkan kualitas sumber daya manusia baik di dalam karakter maupun intelektualitas. Akan tetapi masuknya arus sekularisasi ke dalam kehidupan sosial budaya kita saat ini yang tanpa bisa kita kendalikan telah meruntuhkan nilai-nilai normatif dan standar moralitas serta memandang kebenaran Allah tidak lagi relevan di dalam menjawab problematik dunia yang semakin kompleks, semua kebenaran menjadi relatif. Pertanyaannya adalah bagaimana pendidikan Kristen saat ini di dalam menghadapi tantangan ancaman sekularisasi terhadap nilai-nilai kehidupan dari generasi muda ke depan? Akankah pendidikan Kristen jatuh ke dalam nilai-nilai sekularisasi?
 
Melalui salah satu misinya yaitu menggali, memelihara dan mengaplikasikan sebanyak mungkin kekayaan yang telah diwariskan teologi Reformed yang terwujud dalam berupa-rupa karya literatur dan himne yang telah memperlengkapi orang-orang Kristen dan gereja sepanjang zaman dan panggilan untuk mengintegrasikan seluruh pengajaran Firman Tuhan di dalam kerangka teologi Reformed ke dalam wilayah publik (public square), Persekutuan Studi Reformed menghadirkan Seminar Pendidikan 2008 sebagai wujud tanggung jawab sebagai orang Kristen untuk berperan aktif dan menjadi berkat di dalam kehidupan masyarakat atau publik.
 
Seminar pendidikan ini bertujuan untuk memperlengkapi khususnya para pendidik Kristen baik itu guru maupun orang tua mengenai wawasan Kristen (Christian Worldview) untuk menyadari sekaligus mengantisipasi tantangan dunia pendidikan menghadapi arus deras nilai sekularisasi yang membawa dunia pendidikan ke dalam bentuk pendidikan tanpa Allah (Godless Education). Dan biarlah melalui Seminar Pendidikan ini juga mampu menggugah khususnya para pendidik Kristen untuk berjuang mengarahkan dunia pendidikan ke arah yang sebenarnya dan mampu mewarnai dunia pendidikan dengan prinsip-prinsip kebenaran Tuhan.
Tuhan memberkati, Soli Deo Gloria.
 
Salam,
[ Mulatua Silalahi ]
Ketua Persekutuan Studi Reformed